Pages

Monday, 8 August 2011

Al Quran

Untuk Mata hatimu dan Peganganmu

Ibnu Khaldun dalam buku “Muqaddimah” nya, ia menjelaskan bahwa pengajaran Al-Qur’an itu merupakan asas pengajaran bagi seluruh kurikulum, sebab Al-Qur’an merupakan salah satu “syiar agama” yang menguatkan aqidah dan mengukuhkan keimanan.

Ibnu Sina dalam buku “As-Siyasah” nya, menasihatkan agar kita mula mengajar anak dengan pengajaran Al-Qur’an. Seluruh potensi ana...k, baik jasmani maupun akalnya hendaknya dicurahkan untuk menerima pelajaran Al-Qur’an ini agar anak mendapat bahasa asli dan agar aqidah bisa mengalir dan tertanam kukuh dalam kalbunya.

Dr. Sayyid Quthub dalam Tafsirnya “Fi Zhilalil Qur’an” menegaskan bahwa maju dan mundurnya Umat Islam sangat tergantung kepada mengerti atau tidaknya umat terhadap kitab sucinya.

Prof. Dr. Muhammad bin Muhammad Abu Syahbah, (Guru besar Universiti Al-Azhar Kairo, dalam buku pengantar “Studi Al-Qur’an”, beliau mengatakan hendaknya musabaqah Al-Qur’an yang harus digalakkan adalah ‘Musabaqah Memahami Al-Qur’an’ bukan hanya membacanya.

Prof. Dr. M. Quraish Shihab dalam bukunya “Wawasan Al-Qur’an” mengatakan bahwa Al-Qur’an adalah ‘bacaan yang sempurna’, tiada suatu bacaanpun sejak menusia mengenal baca tulis sejak 5000 tahun yang lalu yang dapat menandingi Al-Qur’an al-Karim, bacaan sempurna lagi mulia. Al-Qur’an adalah sumber yang tak pernah kering

No comments:

Post a Comment