Pages

Friday 8 July 2016

Jauhi Dengki

Imam al-Ashma'i berkata, "Aku melihat seseorang yang berasal dari baduwi. Orang itu sudah berumur tua, dan aku berkata kepadanya, 'Aku lihat tubuhmu masih segar bugar.'

Dia berkata : 'Aku jauhkan diriku dan iri dengki. Ada orang bijak berkata seperti ini Kedengkian memakan tubuh

Imam Jahid berkata, "Di antara sikap yang arif dan bijak adalah, menjauhkan diri dari orang yang dengki, karena sakit yang diderita hatinya sudah cukup atas kemarahanmu kepadanya."

Orang baduwi yang bijak berkata, "Aku belum pernah melihat orang yang berbuat zhalim melebihi dari orang yang dengki. Bagaimana tidak, kenikmatan yang kamu dapat, baginya adalah bencana.


Oleh karena itu, jauhilah kedengkian. 
Dengan menjauhkan diri dari kedengkian, 
maka akan memadamkan kemarahan dan memberikan kedamaian." 

Tinggalkanlah kedengkian maka engkau akan bahagia 
Kedengkian hanya akan membakarmu di neraka 
Jika kamu dengki maka kesedihan menyelimutmu 
Jika kamu biarkan maka ia akan membuat mati 



No comments:

Post a Comment